1.Apa bedanya perdagangan internasional dengan
pemasaran internasional?
·
Perdagangan internasional adalah
perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara
lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa
antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah
suatu negara atau pemerintah suatu negara
dengan pemerintah negara lain.
·
Pemasaran Internasional adalah kegiatan Pemasaran
yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai Negara.
2.Jelaskan alesan apa setiap Negara melaksanakan bisnis
internasional?
Karena
setiap Negara memiliki sumber daya terbatas, maka untuk saling melengkapi
kebutuhan sumber daya yang harus melakukan kerjasama antar Negara dengan
melakukan bisnis internasional. Setiap Negara memiliki kebutuhan yang berbeda
dengan Negara lain. Telah kita ketahui kebutuhan manusia tidak terbatas namun
alat pemuas kebutuhan manusia terbatas, sehingga suatu Negara membutukan Negara
lain untuk memenuhi kebutuhan Negara nya tersebut sehingga di butuhkan bisnis internasional.
Kemampuan memproduksi suatu barang dan jasa yang berbeda antara satu Negara
dengan negara lain, misalnya Negara Indonesia terkenal dengan julukan Negara
Agraris yang mampu menghasilkan hasil pertanian yang tumpah ruah seperti padi,
sehingga di butuhkan bisnis internasional seperti ekspor beras ke Negara lain
yang tidak mampu memproduksi padi.
Setiap Negara tidak bisa hidup
sendiri tanpa ada bantuan dari Negara lain, hal ini juga mengharuskan adanya
bisnis internasional karena antarnegara dapat membantu menyelesaikan masalah
kebutuhan Negara lain, misalnya di Indonesia terjadi kemacetan yang parah,
sehingga Negara Indonesia membutuhkan suatu strategi untuk menyelesaikannya dan
akhirnya Negara Indonesia telah menyediakan busway untuk mengurangi kemacetan
dan alat transportasinya di impor dari Negara pengekspor busway. Tingkat
kemajuan suatu Negara berbeda dengan Negara lain.Dengan adanya bisnis
Internasional Negara – Negara maju dapat membantu Negara – Negara berkembang
dan yang masih tertinggal untuk mengalami kamajuan dan perkembangan yang baik.
Misalnya Negara Jepang dan Amerika Serikat memiliki pengaruh besar dalam
perkembangan Negara Indonesia baik dalam bidang informasi, ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK).
3.Jelaskan faktor factor apa saja yang mempengaruhi bisnis internasional?
·
Politik
·
Hukum
·
Perekonomian
·
Alam
·
pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar